Menu bar dan toolbar adalah tampilan perintah yang digunakan untuk menjalankan instruksi serta pengaturan pada Microsoft Word. Pada menu bar, perintah-perintah ditampilkan dalam bentuk tombol teks atau dikenal dengan istilah pulldown menu, sedangkan pada toolbar, tampilan perintahnya berbentuk tombol icon / shortcut. 1.1. Menu Bar Menu bar terdiri dari deretan menu File hingga Help, yang masing-masing memiliki submenu atau daftar menu. Daftar menu ini fungsinya adalah untuk menjalankan instruksi serta pengaturan dalam melakukan pekerjaan dokumen. Menu Bar Untuk membuka menu bar, lakukan salah satu langkah berikut ini : 1. Dengan meng-click tombol menu yang dikehendaki, atau 2. Dengan menekan tombol Alt yang dikombinasikan dengan huruf yang bergaris bawah pada setiap menu yang dikehendaki. Misalnya, untuk membuka menu File, tekan tombol [Alt+F], untuk membuka menu Format, tekan tombol [Alt+O] dan seterusnya.1.1.1. Menu File Berisi perintah-perintah standar yang berlaku untuk seluruh dokumen, terdiri dari : 1. New Ctrl+N Untuk membuka lembar kerja baru 2. Open Ctrl+O Untuk membuka berkas dokumen 3. Close Untuk menutup berkas yang sedang dibuat 4. Save Ctrl+S Untuk menyimpan berkas yang dibuat 5. Save As Untuk menyimpan berkas dengan nama baru 6. Save As Web Page Untuk menyimpan berkas dengan format halaman web, sehingga dapat ditampilkan di Web browser 7. Versions Untuk menampilkan tanggal dan waktu masing-masing versi yang disimpan 8. Web Page Preview Untuk menampilkan area kerja seperti halaman web 9. Page Setup Untuk menentukan pengaturan halamsan berkas yang dibuat 10. Print Preview Untuk melihat tampilan berkas sebelum dicetak 11. PrintCtrl+P Untuk mencetak berkas yang dibuat ke dalam media kertas 12. Send To Untuk mengirim berkas pada tujuan yang ditentukan 13. Properties Untuk mengetahui properti (kandungan) berkas yang sedang dikerjakan 14. Exit Keluar program Microsoft Word 1.1.2. Menu Edit Berisi perintah-perintah pengeditan, terdiri dari : 14. Undo Ctrl+Z Untuk membatalkan perintah terakhir 15. Repeat Ctrl+Y Untuk mengulangi perintah terakhir 16. Cut Ctrl+X Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard 17. Copy Ctrl+C Untuk menyalin objek ke dalam clipboard 18. Paste Ctrl+V Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard 19. Paste Special Untuk menampilakan objek yang terekam di clipboard dengan kriteria tertentu 20. Paste as Hyperlink Untuk menampilakan objek yang terekam di clipboard namun tetapi berhubungan walaupun berada di tempat yang berbeda 21. Clear Del Untuk menghilangkan / menghapus objek secara permanen 22. Select All Ctrl+A Untuk melakukan selecting seluruh halaman kerja 23. Find Ctrl+F Untuk melakukan pencarian kata/kalimat dalam berkas 24. Replace Ctrl+H Untuk menempatkan teks yang ada di dokumen 25. Go to Ctrl+G Untuk menuju pada halaman tertentu dalam dokumen 26. Links Untuk mengadakan hubungan 27. Object Untuk mengedit objek 1.1.3. Menu View Berisi perintah pengaturan tampilan menu-menu aplikasi, terdiri dari : 28. Nomal Menjadikan tampilan normal pada area kerja 29. Web Layout Menjadikan tampilan area kerja dengan tata letak Web 30. Print Layout Menjadikan tampilan area kerja dengan tata letak cetak 31. Outline Menjadikan tampilan outline pada area kerja 32. Toolbars Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar yang dikehendaki 33. Ruler Untuk menampilkan atau menyembunyikan mistar pada area kerja 34. Dokumen Map Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung 35. Header and Footer Untuk membuat Header dan Footer pada berkas 36. Footnotes Untuk membuat catatan kaki 37. Comments Untuk membuat catatan komentar pada kata / kalimat dalam berkas lembar kerja 38. Full Screen Untuk membuat tampilan lembar kerja satu layar penuh 39. Zoom Untuk membuat besar / kecil tampilan lembar kerja sesuai yang dikehendaki. 2.1.4. Menu Insert Berisi perintah-perintah untuk melakukan penyisipan, terdiri dari : 40. Break Untuk melakukan penyisipan halaman, kolom atau teks 41. Page Numbers Untuk menyisipkan nomor halaman 42. Date and Time Untuk menyisipkan tanggal dan waktu 43. AutoText Untuk menyisipkan teks yang sudah diatur sebelumnya secara otomatis 44. Field Untuk melakukan penyisipan field 45. Symbol Untuk melakukan penyisipan simbol-simbol 46. Comment Untuk menyisipkan catatan komentar pada kata / kalimat dalam berkas lembar kerja 47. Footnote Untuk menyisipakan catatan kaki 48. Caption Untuk menambahkan caption pada tabel, gambar, persamaan dan lain-lain. 49. Cross-reference Untuk melakukan pengaturan referesi silang 50. Index and Tables Untuk membuat indeks serta tabel 51. Picture Untuk menyisipakan gambar 52. Textbox Untuk menyisipakan teks box 53. File Untuk menyisipakan berkas 54. Object Untuk menyisipakan objek (grafik/gambar) 55. Bookmark Untuk menyisipakan bookmark 56. Hyperlink Ctrl+K Menyisipakan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain yang tersimpan dalam harddisk, network server, intranet atau internet. 1.1.5. Menu Format Berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan teks, layout dan lain lain, terdiri dari : 57. Font Untuk mengatur jenis huruf yang dikehendaki 58. Paraghraph Untuk melakukan pengaturan paragraf 59. Bullets and Numbering Untuk mengatur bullet dan penomoran 60. Borders and Shading Untuk melakukan pengaturan border (garis bingkai) serta bayangan pada kata ataupun berkas 61. Columns Untuk melakukan pengaturan jenis kolok pada berkas 62. Tab Untuk melakukan pengaturan pemberhentian tab 63. Drop Cap Untuk melakukan pengaturan Drop Cap 64. Text Direction Untuk melakukan pengaturan orientasi teks pada teks box 65. Change Case Untuk melakukan pengaturan Change Case, (Sentence Case, Lowerancecase, UPPERCASE, Title Case, tOGGLE cASE) 66. Background Untuk mengatur latar belakang area kerja dengan tampilan tata letak Web 67. Theme Untuk melakukan pengaturan tampilan area kerja berdasarkan tema 68. Frames Untuk membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya di frame sebelah kiri pada halaman frame 69. AutoFormatUntuk mengatur tampilan format : Dokumen biasa, format surat atau e-mail. 70. Style Untuk mengatur gaya tampilan dokumen 71. Object Untuk melakukan format objek 1.1.6. Menu Tools Berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan menu, pemeriksaan ejaan dan pemilihan bahasa, terdiri dari : 72. Spelling and Grammar F7 Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat 73. Language Untuk memilih pengaturan bahasa yang dikehendaki 74. Word Count Untuk mengetahui perhitungan jumlah halaman, kata, karakter, paragraf serta baris dalam dokumen 75. AutoSumarize Untuk merangkum point-point tertentu secara otomatis dalam dokumen 76. AutoCorrect Untuk melakukan pengaturan otomatisasi perintah pengetikan dan ejaan. 77. Track Changes Untuk menandai track yang berubah, menerima atau menolak perubahan, dan untuk membandingakan dokumen 78. Merge Documents Untuk melakukan penggabungan dokumen 79. Protect Documents Untuk melakukan perlindungan dokumen supaya aman dari pengubahan pengguna lain 80. Online Collaboration Untuk keperluan meeting, baik mengenai undangan maupun membuat daftar peserta meeting. 81. Mail Merge Untuk membuat serta gabung 82. Envelopes and Labels Untuk membuat macam-macam bentuk amplop dan label 83. Letter Wizard Panduan baku untuk pembuatan model-model surat resmi 84. Macro Untuk membuat file Macro 85. Templates an Add-Ins Adalah jenis dokumen khusus yang menyediakan tool dasar dan teks untuk membentuk dokumen akhir 86. Customize Untuk melakukan pengaturan pilihan atau tampilan toolbar yang dikehendaki 87 Options Untuk melakukan pengaturan pilihan atau tampilan umum pada area kerja. 1.1.7. Menu Table Berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan tabel, terdiri dari : 88. Draw Table Untuk menggambar tabel 89. Insert Untuk melakukan penyisipan tabel, kolom, baris atau sel 90. Delete Untuk menghapus tabel, kolom, baris atau sel 91. Select Untuk melakukan selecting tabel, kolom, baris atau sel 92. Merge Cells Untuk melakukan penggabungan sel yang ada pada tabel 93. Split Cells Untuk melakukan pembagian sel kolom menjadi beberapa sel kolom yang lebih kecil 94. Split Table Untuk memisahkan baris tabel 95. Table AutoFormat Untuk membuat format tampilan tabel secara otomatis 96. AutoFit Untuk menyesuaikan lembar kolom atau lembar window dalam tabel secara otomatis. 97. Heading Rows Repeat Menunjuk baris terpilih untuk dijadikan heading tabel yang diulang yang diulang pada halaman selanjutnya jika tabel lebih dari satu halaman. 98. Convert Untuk melakukan konvertasi/perubahan format teks menjadi tabel atau sebaliknya 99. Sort Untuk melakukan pengurutan data 100. Formula Untuk melakukan perhitungan matematis 101. Show Gridlines Untuk menampilkan garis bantu tabel 102. Table Properties Untuk mengetahui properti (kandungan) tabel. 1.1.8. Menu Windows Berisi fasilitas untuk membuka beberapa jendela dokumen dan berpindah antar dokumen, terdiri dari : 103. New Window Untuk membuka tampilan window baru dengan nama file yang sama 104. Arrange All Untuk mengatur posisi window Microsoft Word yang sudah terbuka 105. Split Untuk memecah tampilan window dokumen. 1.1.9. Menu Help Berisi fasilitas bantuan/petunjuk penggunaan Microsoft Word secara interaktif, terdiri dari : 106. Microsoft Word Help F1 Office Assistant memperlengkapi topik Help dan tips untuk menolong menyelesaikan tugas-tugas. 107. Show the Office Assistant Untuk menampilkan atau menyembunyikan Office Assistant 108. What’s This? Shift+F1 Untuk meminta penjelasan mengenai icon-icon yang ada 109. Office on the Web Untuk mengadakan hubungan dengan Microsoft Office melalui situs internet 110. Detect and Repair Untuk mencari dan memperbaiki kerusakan program secara otomatis 111. About Microsoft Word Menampilkan informasi mengenai Program Microsoft Word. 1.2. Toolbar Bagian ini berisi tombol-tombol bergambar ( shortcut icon ) yang memiliki fungsi tersendiri. Dalam Microsoft Word sedikitnya terdapat tiga toolbar utama, yaitu : Standar toolbar, Formating toolbar, dan Drawing toolbar. Standar toolbar Standar toolbar berisi perintah pokok yang berhubungan dengan dokumen secara menyeluruh. Standar toolbar Shortcut icon yang terdapat pada standar toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut: -New Blank Document, Untuk menampilkan lembar kerja baru -Open, Untuk membuka berkas dokumen -Save, Untuk menyimpan berkas dokumen yang sedang dibuat -E-mail, Untuk mengirim isi dari dokumen sebagai pesan e-mail -Print, Untuk mencetak berkas dokumen -Print Preview, Untuk melihat hasil berkas dokumen sebelum dicetak -Spelling and Grammer, Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat -Cut, Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard -Copy, Untuk menyalin objek ke dalam clipboard -Paste, Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard -Format Painter, Untuk menyalin format objek atau teks -Undo, Untuk membatalkan perintah terakhir -Redo, Untuk kembali pada perintah terakhir -Insert Hyperlink, Menyisipakan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain -Tables and Borders, Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar tabel-border -Insert Table, Untuk menyisipkan tabel -Insert Excel Worksheet, Untuk menyisipkan lembar kerja Microsoft Excel -Columns, Untuk melakukan pengaturan kolom koran -Drawing, Untuk menampilkan atau menyembunyikan menu Drawing -Document Map, Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung -Show/Hide, Untuk menampilkan atau menyembunyikan karakter-karakter yang tidak dicetak dan teks yang tersembunyi. -Zoom, Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan are kerja -Microsoft Word Help, Untuk meminta bantuan secara . Formating toolbar Formating toolbar berisi semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan teks pada dokumen aktif. Formatting toolbar Shortcut icon yang terdapat pada Formating toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut: -Style, Untuk memilih gaya pada paragraf -Font, Untuk menentukan jenis huruf -Font Size, Untuk menentukan ukuran huruf -Bold, Untuk membuat huruf atau teks cetak tebal -Italic, Untuk membuat huruf atau teks cetak miring -Underline, Untuk membuat garis bawah -Align Left, Untuk membuat teks atau paragraf rata kiri -Center, Untuk membuat teks atau paragraf pada posisi center -Align Right, Untuk membuat teks atau paragraf rata kanan -Justify, Untuk membuat teks atau paragraf rata kiri dan kanan -Numbering, Untuk membuat penomoran pada teks atau paragraf -Bullets, Untuk membuat penandaan pada teks atau paragraf -Decrease Indent, Untuk menggeser left indent ke arah kiri -Increase Indent, Untuk menggeser left indent ke arah kanan -Outside Border, Untuk menampilakan/menyembunykan batas garis -Highlight (Teal), Untuk membuat penandaan pada teks -Font Color, Untuk mengatur warna pada huruf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar